KITA







Minggu, 01 Desember 2013

Pentingkah Senam bagi Ibu Hamil?

Pentingkah Senam bagi Ibu Hamil?

                  Senam yang disarankan untuk wanita hamil adalah usia di atas 7 bulan. Hal ini dikarenakan pada usia tersebut, persalinan sudah semakin dekat sehingga ibu harus melatih otot panggul, kemampuan berolah napas serta kemampuan mengejan. Seberapa pentingkah senam bagi ibu hamil? Sangat penting, ketika seorang wanita hamil jarang melakukan kegiatan olah raga, maka otot-otot yang berkait dengan kelahiran seperti otot panggung, otot seputra rahim serta jalan lahir akan kurang elastis dan lentur sehingga ibu kesulitan pada saat mengejan. Bahkan berdasarkan penelitian terkini, senam hamil dapat menurunkan angka kesakitan ketika menjelang persalinan. Beberapa gerakan pada senam hamil diiringi dengan olah pernapasan sehingga ibu dapat melakukan napas panjang ketika menghadapi kontraksi yang pada sebagian besar ibu hamil dirasa sebagai sesuatu hal yang paling menyakitkan.
                  Senam hamil juga dapat membantu menghindari terlambat lahir. Beberapa wanita hamil mengalami keterlambatan melahirkan sehingga perlu diinduksi ataupun dilakukan tindakan operasi bedah lahir. Dengan senam hamil, keterlambatan lahir dapat dicegah. Kemudian senam hamil juga dapat membantu mempercepat pemulihan tubuh ibu setelah melahirkan. Pada umumnya wanita yang baru saja melahirkan, butuh beberapa saat untuk dapat kembali pulih kondisi fisiknya, dengan melakukan senam hamil, maka pemulihan fisik ibu hamil relative lebih cepat. Senam hamil juga dapat mengurangi kecemasan ketika melahirkan. Jadi pentingkah senam bagi ibu hamil? Kini anda telah tahu jawabannya.
                Senam hamil merupakan suatu gerakan senam yang berguna dalam hal melatih otot tertentu yang berguna dalam proses melahirkan. Pada umumnya senam hamil ditujukan untuk melatih otot panggul, otot perut, serta otot paha. Dan pada senam hamil juga di lakukan latihan untuk pernafasan ketika nanti akan terjadi kontraksi.

Senam Hamil

senam hamil
senam hamil
Latihan pada senam hamil dilatih yang merupakan penyatuan gerakan untuk relaksasi, pernafasan, kelenturan, serta latihan untuk kinerja otot jantung.

Pada senam hamil juga dilakukan gerakan untuk kelenturan otot serta juga untuk perenggangan. Bahkan ada juga gerakan senam hamil yang dapat membuat janin masuk pada jalur jalan lahir.

Selain itu, gerakan senam hamil terdapat juga gerakan yang mampu meminimalisir rasa sakit pada, punggung, kram pada kaki, serta pinggang.

Disini cukup jelas bahwa ada banyak sekali manfaat yang akan dirasakan ibu hamil jika secara rutin melakukan senam hamil.

Senam hamil tidak hanya bermanfaat agar proses kehamilan bisa berjalan dengan baik tetapi senam hamil juga bermanfaat ketika proses melahirkan nanti.

Berikut ini beberapa manfaat dari senam hamil antara lain :

- Latihan pernafasan pada senam hamil bisa membuat nafas ibu hamil menjadi lebih baik. Hal tersebut juga akan berpengaruh baik terhadap oksigen yang diterima bayi.

- senam hamil juga dapat melenturkan kembali otot serta sendi yang terasa agak kaku karena beratnya beban yang dirasakan oleh ibu hamil.

- Manfaat senam hamil dapat membuat pinggul lebih rileks sehingga rasa nyeri bisa berkurang dan hilang.

- Gerakan pada senam hamil juga dapat membuat pikiran ibu hamil lebih tenang dan janin yang ada di dalam kandungan pun tidak stres.

- Seperti yang telah disinggung di atas, manfaat senam hamil sangat bermanfaat ketika proses melahirkan terjadi. Bahkan dengan melakukan senam hamil akan dapat menghilangkan rasa panik, bingung, dan rasa sakit ketika akan melahirkan.

- Berkaitan dengan hal di atas, senam hamil akan membantu dalam kemudahan melahirkan normal bahkan tanpa rasa sakit yang berlebihan, karena pada senam hamil sudah dilatih pernafasannya.

Nah, tentu kita sebagai ibu hamil ataupun calon ibu hamil  perlu mengetahui hal ini sejak dini demi perkembangan optimal sang buah hati. Berikut cuplikan senam ibu hamil, semoga bermanfaat ^^

2 komentar:

  1. salam kenal sista :)
    klo mau senam hamil dri usia kndungan 4 blan apkh lbih byak lgi yah manfaatnya ?? soalny istri lg ngebet bgt ni pgin ikutn snam hamil ? n apkh snam hmil ini jga mmerlukan baju senam ??
    mkasih sista :) ditunggu infony

    BalasHapus
  2. salam kenal sista :)
    Terimakasih sis infonya sangat membantu dan klo boleh kasih saran lebih merarik klo dikarih Vidio Panduannya pasti tambah Oke,
    klo untuk sekaran Tren baju senam terbaru saat ini model apa ya ?
    mksih :)

    BalasHapus