KITA







Sabtu, 28 Desember 2013

Desaku, Tanah Abang, Jambi (Jos Gandos!)

Wabup Merangin: Biasakan Selalu Hidup Sehat

Tanah Abang jadi Wakil Merangin pada Lomba PHBS Tingkat Provinsi


Kabupaten Merangin optimistis bisa kembali merebut juara lomba Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) tingkat Provinsi Jambi 2013. Peluang menang itu tidak berlebihan, soalnya terlihat saat tim dari Provinsi Jambi melakukan penilaian.
Tim penilai didampingi Wabup Khafid Moein yang turun pada Sabtu (5/10) lalu sangat puas dengan kondisi Desa Tanah Abang Kecamatan Pamenang, yang ditunjuk mewakili Merangin pada lomba tersebut.

Rasa puas tim penilai terhadap Desa Tanah Abang itu dikatakan Ketua TP PKK Merangin Hesnidar Haris, dan Wakil Ketua TP-PKK Merangin Emi Minarsih Khafid.



 Ia menjelaskan, pembangunan kesehatan untuk meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kemauan hidup sehat bagi setiap penduduk. Agar dapat mewujudkan derajat kesehatan setinggi-tingginya.
Dikatakan Wabup Khafid Moein, untuk meningkatkan perilaku hidup bersih sehat, hendaknya dimulai dari rumah tangga atau keluarga. Karena rumah tangga yang sehat merupakan aset atau modal pembangunan di masa depan.
 
 "Hal ini sesuai imbauan Presiden, bahwa kekuatan bangsa dan negara terletak pada ketahanan masing-masing keluarga. Keluarga adalah cermin kekuatan masyarakat bangsa dan negara," katanya.
Kata Khafid, keluarga patut dijaga, dipelihara dan ditingkatkan. Pembinaan PHBS melalui Tim Penggerak PKK merupakan gerakan masyarakat yang memiliki kekuatan untuk menggerakan keluarga, dan masyarakat dalam ber-PHBS.
Khafid menambahkan, keluarga dikatakan rumah tangga ber-PHBS jika sudah memenuhi 10 indikator. Sepuluh indikator itu yakni, persalinan dibantu tenaga kesehatan, memberi bayi air susu ibu ekslusif, menimbang balita setiap bulan, menggunakan air bersih.
Selain itu, mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan menggunakan sabun, menggunakan jamban sehat. Memberantas jentik di rumah sekali seminggu, makan sayur dan buat setiap hari.
 
"Tidak hanya itu, rumah tangga juga melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan kepala keluarga tidak merokok di dalam rumah," katanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar