RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R
P P )
KELAS
V SEKOLAH DASAR SEMESTER
GASAL
MATA
PELAJARAN PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
Dosen Pengampu:
Agung Yuwono, M. Pd
Disusun Oleh:
Nining Purwaningsih
A3-12
12144600104
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
2014
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
2014
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit (1 pertemuan)
Standar Kompetensi
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI).
Kompetensi
Dasar
1.1. Medeskripsikan Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI).
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa memahami fungsi
wilayah darat NKRI.
2.
Siswa memahami fungsi
wilayah laut NKRI.
3.
Siswa memahami fungsi
wilayah udara NKRI.
v Karakter siswa yang diharapkan: Dapat dipercaya (Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun
( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility) Berani ( courage ), Integritas
( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B. Indikator
1. Kognitif
Menjawab secara general tentang fungsi wilayah
darat, laut, dan udara NKRI.
2. Afektif
Berdiskusi dengan kelompoknya dengan topik darat, laut, atau udara.
3. Psikomotorik
Melaporkan hasil diskusi di depan kelas dan menanggapi hasil diskusi.
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Kognitif
Setelah diberi pertanyaan, siswa mampu menjawab secara general tentang fungsi wilayah darat, laut, dan udara NKRI.
2. Afektif
Saat melakukan diskusi siswa mampu berdiskusi dengan kelompoknya dengan
topik darat, laut, atau udara.
3.
Psikomotorik
Setelah
berdiskusi, siswa mampu melaporkan hasil diskusi ke depan kelas dan mampu
menanggapi hasil diskusi temannya.
C. Materi Ajar
1.
Fungsi wilayah darat,
laut, dan udara NKRI.
D. Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Kontekstual
dan Student Centered.
Model : Cooperative Learning
Metode : Diskusi dengan teman sebangku, tanya jawab, ceramah, dan penugasan.
E. Langkah-langkah Kegiatan
1. Kegiatan Awal
a.
Guru dan siswa berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran dan
presensi dengan menanyakan kabar dan siapa yang tidak hadir.
b.
Guru melakukan apersepsi
tentang NKRI dan menyanyikan lagu “Garuda Pancasila”.
c.
Memberikan motivasi
dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
d.
Guru dan siswa
bertanya jawab tentang pengalaman bepergian ke pegunungan, laut, dan pengalaman
naik pesawat terbang.
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Guru dan siswa bertanya jawab secara general tentang fungsi wilayah darat,
laut, dan udara NKRI.
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
a.
Guru membagi jumlah siswa di
kelas dalam 3 kelompok atau kelipatannya.
b.
Guru mengundi topik darat, laut,
atau udara untuk semua kelompok.
c.
Siswa berdiskusi tentang topik
yang mereka dapatkan.
d.
Siswa melaporkan hasil dikusi
secara lisan di depan teman-teman.
e.
Teman-teman dari kelompok lain
menanggapi hasil diskusi kelompok teman.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
a.
Guru memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik.
b.
Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
c.
Guru memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
d.
Guru memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
3. Kegiatan Penutup
a.
Guru bersama-sama dengan peserta
didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
b.
Guru melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram
c.
Guru memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran
d.
Guru merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik
e.
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
f.
Guru dan siswa berdoa sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
1.
Menjelaskan fungsi wilayah
daratan NKRI.
2.
Menjelaskan fungsi wilayah laut
NKRI.
3.
![]()
1.
Menjelaskan fungsi wilayah
daratan NKRI.
2.
Menjelaskan fungsi wilayah laut
NKRI.
3.
Menjelaskan fungsi wilayah
udara NKRI.
|
Diskusi
§
kelompok
Diskusi
kelompok
|
1. Penilaian lisan.
2. Penilaian sikap
(pengamatan
perilaku).
3.
Penilaian untuk kerja (hasil
diskusi).
1.
Penilaian lisan.
2.
Penilaian sikap (pengamatan
perilaku).
3.
Penilaian unjuk kerja
(keberanian anak bercerita dan keterlibatan dalam diskusi).
|
1.
Batas utara NKRI adalah ....
2.
Batas selatan NKRI adalah ....
3.
Batas barat NKRI adalah ....
4.
Batas timur NKRI adalah ....
1.
Fungsi wilayah daratan NKRI
adalah ....
2.
Fungsi wilayah laut NKRI adalah
....
3.
Fungsi wilayah udara NKRI
adalah ....
4.
Zona Ekonomi Eksklusif adalah
....
|
Format Kriteria
Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian
KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
PKn.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar