KITA







Jumat, 03 Januari 2014

Contoh RPP kelas V SD semester gasal

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
KELAS V SEKOLAH DASAR SEMESTER GASAL
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Dosen Pengampu: Agung Yuwono, M. Pd



Disusun Oleh:
Nining Purwaningsih
A3-12
12144600104

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
201
4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah               :       ..................................
Mata Pelajaran              :  Pendidikan Kewarganegaraan            
Kelas                               :  V (Lima)
Semester                         :  I (Satu)
Alokasi Waktu               :  2 x 35 menit (1 pertemuan)

Standar Kompetensi                                   
1.      Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kompetensi Dasar                
1.1.    Medeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

A.  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa memahami fungsi wilayah darat NKRI.
2.      Siswa memahami fungsi wilayah laut NKRI.
3.      Siswa memahami fungsi wilayah udara NKRI.

v  Karakter siswa yang diharapkan:  Dapat dipercaya (Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun     
                                                         ( diligence ) ,    Tanggung jawab
                                                         ( responsibility) Berani ( courage ), Integritas
                                                         ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan  ( citizenship )




B.  Indikator
1.      Kognitif
Menjawab secara general tentang fungsi wilayah darat, laut, dan udara NKRI.
2.      Afektif
Berdiskusi dengan kelompoknya dengan  topik darat, laut, atau udara.
3.      Psikomotorik
Melaporkan hasil diskusi di depan kelas dan menanggapi hasil diskusi.

C.   Tujuan Pembelajaran
1.    Kognitif
Setelah diberi pertanyaan, siswa mampu menjawab secara general tentang fungsi wilayah darat, laut, dan udara NKRI.
2.   Afektif
Saat melakukan diskusi siswa mampu berdiskusi dengan kelompoknya dengan  topik darat, laut, atau udara.
3.      Psikomotorik
Setelah berdiskusi, siswa mampu melaporkan hasil diskusi ke depan kelas dan mampu menanggapi hasil diskusi temannya.

C.  Materi Ajar
1.      Fungsi wilayah darat, laut, dan udara NKRI.


D.  Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
  Pendekatan     :   Kontekstual dan Student Centered.
  Model              :   Cooperative Learning
   Metode            :   Diskusi dengan teman sebangku, tanya jawab, ceramah, dan    penugasan.


E.  Langkah-langkah Kegiatan
1.      Kegiatan Awal
a.       Guru dan siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran dan presensi dengan menanyakan kabar dan siapa yang tidak hadir.
b.      Guru melakukan apersepsi tentang NKRI dan menyanyikan lagu “Garuda Pancasila”.
c.       Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
d.      Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengalaman bepergian ke pegunungan, laut, dan pengalaman naik pesawat terbang.

2.      Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.       Guru dan siswa bertanya jawab secara general tentang fungsi wilayah darat, laut, dan udara NKRI.

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.       Guru membagi jumlah siswa di kelas dalam 3 kelompok atau kelipatannya.
b.      Guru mengundi topik darat, laut, atau udara untuk semua kelompok.
c.       Siswa berdiskusi tentang topik yang mereka dapatkan.
d.      Siswa melaporkan hasil dikusi secara lisan di depan teman-teman.
e.       Teman-teman dari kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok teman.





& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.     Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
b.    Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
c.     Guru memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
d.    Guru memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar

3.      Kegiatan Penutup
a.         Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran
b.         Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
c.         Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
d.        Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
e.         Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
f.          Guru dan siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.







               F.  Penilaian  
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1.    Menjelaskan fungsi wilayah daratan NKRI.
2.    Menjelaskan fungsi wilayah laut NKRI.
3.    Menjelaskan fungsi wilayah udara NKRI. 


1.    Menjelaskan fungsi wilayah daratan NKRI.
2.    Menjelaskan fungsi wilayah laut NKRI.
3.    Menjelaskan fungsi wilayah udara NKRI. 
Diskusi
§   kelompok






Diskusi
kelompok


1.  Penilaian lisan.
2.  Penilaian sikap
    (pengamatan
    perilaku).
3.    Penilaian untuk kerja (hasil diskusi).

1.    Penilaian lisan.
2.    Penilaian sikap (pengamatan perilaku).
3.    Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan keterlibatan dalam diskusi).
1.      Batas utara NKRI adalah ....
2.      Batas selatan  NKRI adalah ....
3.      Batas barat NKRI adalah ....
4.      Batas timur NKRI adalah ....

1.      Fungsi wilayah daratan NKRI adalah ....
2.      Fungsi wilayah laut NKRI adalah ....
3.      Fungsi wilayah udara NKRI adalah ....
4.      Zona Ekonomi Eksklusif adalah ....










Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1


Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan       Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                           
  Kepala Sekolah                                                           Guru Mapel PKn.


          ..................................                                            ..................................
          NIP :                                                                     NIP :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar