KITA







Selasa, 26 November 2013

BUDAYA MENCONTEK DIKALANGAN ANAK SD

BUDAYA MENCONTEK DIKALANGAN ANAK SD
Nining Purwaningsih
FKIP PGSD
Universitas PGRI Yogyakarta

A.         Moral anak SD jaman sekarang
     Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa pengaruh besar dalam dunia pengetahuan. Tidak hanya berdampak postif yaitu mudahnya media pembelajaran dengan bantuan kemajuan IPTEK tersebut, namun hal itu juga membawa dampak negatif dalam dunia pengetahuan. Misalnya, anak SD ketika sedang ujian mengandalkan jawaban dari media searching di internet.


B.     Faktor-Faktor Penyebab Anak Mencontek
a)         Individu.
Kurangnya rasa percaya diri, anak merasa malu kalau mendapat nilai jelek, dan kurangnya pendidikan moral.
b)      Keluarga / lingkungan
Orang tua memberikan hukuman yang berat apabila anaknya mendapat nilai buruk/tidak berprestasi dan ketidaktahuan orang tua dalam mengerti pribadi dan keunikan masing-masing dari anaknya membuat anak merasa tertekan.

c)         Guru
Guru yang tidak mempersiapkan proses pembelajaran secara matang, tidak membuat variasi dalam pembelajaran sehingga membuat anak bosan dan malas belajar.

d)        Sistem pendidikan
Adanya tuntutan dan pembatasan nilai dari pemerintah, sehingga untuk memaksimalkan nilai ujian siswa-siswa memilih untuk mencontek.

C.     Cara Mengatasi Budaya Mencontek
a)         Faktor Individu
Pada diri pribadi siswa perlu di berikan dorongan, motivasi, dan semangat yang dapat membangkitkan rasa percaya diri.
b)        Faktor Keluarga
Orang tua memberikan perhatian khusus terhadap pendidikan anaknya, memahami pribadi dan keunikan masing-masing anaknya sehingga memberikan motivasi untuk kemajuan pendidikan anaknya.
c)      Guru
Dalam kegiatan belajar mengajar guru mempersiapkan segalanya dengan matang, menyenangkan dalam belajar sehingga anak bersemangat untuk belajar.

d)     Sistem pendidikan
Pemerintah melalui sistem pendidikan membuat instrumen evaluasi yang valid dan reliable (yang tetap dan tepat), memberikan soal-soal sesuai dengan perkembangan kematangan siswa.



e)      Menanamkan pendidikan moral
Pendidikan moral ialah kunci utama dalam mengatasi budaya mencontek pada anak SD yaitu dengan melatih anak untuk berlaku jujur, percaya diri, dan tidak bergantung pada orang lain.

D.    Dampak Budaya Mencontek
Dampak dari budaya mencontek ialah anak tidak percaya diri dan tidak mandiri. Di dunia kerja akan sulit untuk bekerja sendiri karena selalu mengandalkan orang lain. Dan berujung pada mudah putus asa dan menyerah. Belajar dari kecurangan dalam belajar itu akan menumbuhkan rasa malas dan antipati pada bekerja keras.

SUDAH SIAPKAH KITA SEBAGAI CALON GURU SD MEMBENAHI MORAL MEREKA???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar