KITA







Kamis, 13 Maret 2014

Diet untuk Golongan darah O oleh Dr. Peter J.D'Adamo dalam bukunya, "Eat Right For Your Type"

                                    Diet untuk Golongan darah O
                                                         
Diet berdasarkan golongan darah pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Peter J.D'Adamo dalam bukunya, Eat Right For Your Type yang terbit tahun 1996.

Isi buku itu menjelaskan bahwa setiap orang memiliki respon berbeda terhadap makanan yang dikonsumsi berdasarkan golongan darah yang dimiliki. Itulah sebabnya mengapa jenis diet tertentu tidak bisa diterapkan pada setiap orang.

Ada banyak keuntungan yang didapatkan jika kita mengikuti diet golongan darah. Di antaranya adalah kondisi emosi yang lebih stabil, mudah mengatasi stres, daya tahan tubuh meningkat sehingga tidak mudah sakit.



Proses Penelitian
Dr. Peter J.D'Adamo melakukan penelitian selama bertahun-tahun pada setiap tipe darah dan hasilnya menunjukkan bahwa ada efek fisiologis akan muncul terhadap lektin yang masuk dalam tubuh.
Lektin adalah protein yang terdapat pada makanan, khususnya biji-bijian atau polong-polongan. Setiap protein makanan yang diserap tubuh, menurutnya hanya cocok dengan tipe darah tertentu. Kalau makanan tersebut lektinnya tidak cocok dengan tipe darah, akan memicu bahaya antara lain peggumpalan sel darah merah yang mengakibatkan berbagai keluhan kesehatan.

Berdasarkan hasil tersebut, Dr. Peter J.D'Adamo melakukan penelitian dengan mengecek reaksi setiap tipe darah terhadap makanan tertentu dan membuat daftar makanan yang cocok untuk setiap golongan darah. Kemudian, ia juga menggolongkan makanan berdasarkan ras. Sebab, menurutnya, tipe darah setiap ras berbeda karena perbedaan lingkungan tempat tinggal.


Tipe Pemburu Sejati
Di dalam bukunya Dr. Peter J.D'Adamo mengatakan bahwa berdasarkan sejarah evolusi sekitar 50.000 hingga 25.000 tahun SM, leluhur manusia memiliki golongan darah yang sama, yakni O. Mereka adalah para pemburu sejati yang selalu mengkonsumsi daging hasil buruan. Untuk itulah Dr. Peter J.D'Adamo menyarankan agar pemilik golongan darah O lebih banyak mengonsumsi makanan berprotein tinggi, mengikuti diet rendah karbohidrat dengan banyak makan daging atau ikan tapi menghindari produk susu dan gandum.

Pemilik golongan darah O bebas mengonsumsi daging dan ikan yang dicampur minyak zaitun. Selain itu, bebas mengonsumsi telur, kacang, tetapi sebaiknya membatasi buah. Sementara makanan yang harus benar-benar dihindari adalah sereal, berbagai jenis pasta dan nasi. Untuk mendapatkan stamina tubuh yang maksimal Dr. Peter J.D'Adamo menganjurkan untuk melakukan olahraga erobik yang gerakannya mirip gerakan para pemburu.


Ciri khas golongan darah O
- Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih tinggi dibandingkan tipe darah lain.
- Mudah beradaptasi dengan berbagai makanan pada lingkungan yang ditempati.
- Untuk mengatasi stres disarankan melakukan erobik.
- Dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein dan rendah karbohidrat, seperti daging, buah, ikan, sayuran.
- Bila makanan yang dikonsumsi tidak sesuai, maka Anda berisiko terkena penyakit yang disebabkan oleh radang dan kerusakan organ seperti arthritis.


Menu diet yang dianjurkan:

- Sarapan : 2 potong roti bakar lapis mentega + Satu buah Pisang
- Snack siang : Teh herbal
- Makan Siang: Sepotong daging panggang + Salad bayam + Apel
- Snack Sore : Sepotong kue
- Makan Malam : Sepotong daging domba dan asparagus yang direbus + Kentang rebus + Buah + Teh herbal
-----

Salah satu metode diet yang bisa kamu ikuti adalah metode diet yang berdasarkan golongan darah kamu karena lebih tepat dan spesifik. Sehingga kemugkinan berhasilnya besar, lalu metode diet apa yang cocok untuk golongan darah O?
Metode diet berdasarkan golongan darah sebenarnya ditemukan oleh Dr. Peter DÁdamo yang menulis tentang “Eat right for you type.” Nah, dalam bukunya itu ia mengatakan bahwa ada reaksi kimia antara golongan darah dan makanan yang kamu makan, reaksi ini terjadi berdasarkan pada warisan genetis dalam bentuk golongan darah. Reaksi ini disebabkan oleh faktor yang disebut Lektin. Dengan adanya pemilihan menu diet berdasarkan golongan darah maka reaksi reaksi kimia yang berefek kurang bagus antara makanan dan golongan daran dapat diminimalkan.
Sebelum kami uraikan contoh menu diet untuk golongan darah O ada baiknya Anda ketahui juga ciri khas golongan darah O, yaitu:
- Sistem kekebalan tubuh golongan darah O lebih baik bila dibandingkan dengan golongan darah lain.
- Untuk mengatasi stres disarankan berlatih erobik.
- Mudah beradaptasi dengan menu makanan di daerah yang ditempatinya.
- Jika makanan yang dimakan tidak sesuai, maka ada kemungkinan orang dengan golongan darah O dapat terkena penyakit radang, dan kerusakan organ seperti arthritis.

Profil menu diet golongan darah 0

- Makanan yang baik sebagai menu diet golongan darah O adalah makanan yang rendah karbohidrat adan tinggi protein.
- Makan dengan menu daging diperbolehkan tetapi akan lebih baik bila diatur.
- Tetapi untuk menu padi2 an dan kacang lebih baik dibatasi.


Berikut ini adalah menu diet untuk golongan darah tetapi dilarang :
- gandum
- jagung
- kacang merah
- kacang kacangan
- kubis
- kol
- sawi


Dan menu diet yang cocok dan dianjurkan untuk golongan darah O adalah :

- hidangan hasil laut
- garam
- hati
- daging merah
- kubis
- bayam
- brokoli

Thumbs up Pola Makan Yang Sehat Dalam Menjalankan Diet

Pola Makan yang Sehat Untuk Diet – Diet bagi penderita obesitas memang sangat diperlukan. Kelebihan berat badan akan mengganggu kesehatan sehingga lemak-lemak yang bersarang harus segera dienyahkan dari tubuh. Seringkali penderita obesitas melakukan diet praktis untuk menurunkan berat badan dengan cara cepat. Padahal, cara-cara instan bisa saja justru mengganggu kesehatan.

Pola makan yang sehat dalam menjalankan diet
Beberapa orang berpikir bahwa diet identik dengan tidak makan. Anggapan ini tentu salah besar! Tubuh kita membutuhkan nutrisi untuk menjalankan tugasnya. Bila kita tidak makan sama sekali berarti membunuh sel-sel dalam tubuh seketika. Mengerikan bukan?

Anda harus tetap mengonsumsi makanan bergizi lengkap. Hanya porsinya saja yang dikurangi. Pengurangna ini juga tidak boleh terlalu banyak. Maksimal pengurangan adalah ½ dari porsi seharusnya. Bila terus dijalankan secara rutin, tubuh Anda akan berangsur mengecil tanpa efek samping.

Jangan Pernah Tinggalkan Sarapan
Sarapan sangat penting bagi proses kehidupan manusia. Pada malam hari organ pencernaan bekerja optimal untuk menghabiskan sisa makanan yang ada di rongga pencernaan. Saat bangun, perut kita benar-benar dalam keadaan kosong. Bila tidak diisi, maka produksi asam lambung meningkat dan melukai lambung. Alhasil, bukan tubuh kecil yang didapat tapi sakit maag.

Sarapan juga sangat diperlukan untuk mengawali pekerjaan Anda. Otak butuh glukosa dari makanan yang Anda konsumsi agar dapat digunakan dalam proses berpikir. Bila Anda meninggalkan sarapan, maka pekerjaan justru akan terbengkalai.

Alasan lain mengapa Anda harus tetap sarapan adalah mengurangi ngemil dan ukuran makan siang. Biasanya, orang yang tidak sarapan tergoda untuk membeli makanan ringan pengganjal perut yang keroncongan. Padahal, sebagian besar makanan ringan tersebut tinggi glukosa. Agar tidak banyak mengomsumsi gula, buat menu sarapan rendah karbohidrat dan tinggi serat. Hindari minuman manis di pagi hari.

Konsumsi Vitamin C
Anda masih boleh mengonsumsi makanan tinggi glukosa atau berkolesterol sesekali. Nah, untuk mengantisipasi peningkatan berat badan, minumlah jeruk yang asam selepas makan. Rasa asam tersebut berasal dari vitamin C yang dapat melarutkan lemak sehingga tidak sempat diserap tubuh.

Stop Ngemil!
Jangan pernah beranggapan bahwa ngemil adalah pengganti makanan berat. Anggapan seperti ini salah besar. Kebiasaan ngemil justru mempercepat peningkatan berat badan. Makanan yang anda konsumsi berkarbohidrat atau berkadar gula tinggi tanpa serat. Jadi, semua camilan tersebut akan diubah dalam bentuk glukosa dan disimpan di bawah kulit. Berbeda bila Anda makan nasi dengan sayur, serat dala sayur akan diambil vitaminnya saja dan dibuang sehingga tidak menyebabkan gemuk.

Hindari Makan Sebelum Tidur
Produksi enzim-enzim pencernaan saat tidur meningkat hingga dua kali lipat. Enzim tersebut mempercepat proses pencernaan sehingga sebanyak apapun makanan di perut akan dihabiskan. Bila ada makanan di organ pencernaan, enzim tersebut diproduksi lebih banyak lagi. Akibatnya pada pagi hari Anda merasa lapar dan mengonsumsi lebih banyak makanan. Untuk mencegahnya, minumlah air putih sebelum tidur agar pencernaan lancar dan tubuh semakin kurus.

Nah... Diet itu bukan berarti harus tidak makan. Tubuh kita membutuhkan asupan energi yang berasal dari makanan. Jadi, tetap makan namun harus terkontrol dan hindari karbohidrat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar