KITA







Jumat, 03 Januari 2014

Sambal Tempoyak yang Lezat.. COBAIN..!!!

Cara Membuat Sambal Tempoyak yang Lezat

Nah, udah pernah denger masakan tempoyak belum nih Sobb..???  Untuk orang Sumatera termasuk Jambi (Tuh kan di mana pun dan apa pun selalu ada Jambi, tanah kelahiran saya) masakan tempoyak bukanlah hal yang asing, namun bagi provinsi lain terbilang asing. Kalau durian tahu kan?  Durian ...pasti sudah tidak asing lagi bagi kita, karena memang durian sudah dianggap sebagai rajanya buah. Namun apa yang anda pikirkan bila mendengar nama tempoyak ?? mungkin ada sebagian orang belum mengetahuinya. Namun untuk orang-orang yang mayoritas berada di pulau sumatera pasti tahu, bahkan ada yang sangat doyan dengan namanya tempoyak. Pertama nyoba pasti rasanya aneh sob,, admin juga begitu, pertama kali mencoba duh rasanya ngalor ngidul (utara-selatan red—menunjukkan suatu ganbaran yang aneh) tapi lama kelamaan jadi demen deh. Soalnya makanan satu ini memang memiliki rasa yang khas yang belum tentu di sukai orang. 


Jadi.. tempoyak itu berasal dari daging buah durian yang di fermentasi. Dan umumnya akan diolah lagi menjadi masakan dan umumnya dimasak dengan cara di sambal. Pengen tau cara pengolahannya ? yuk kita intip..



Resep Sambal Tempoyak dan Cara Mengolah Tempoyak

BAHAN DAN BUMBU DIHALUSKAN :

·         4 siung Bawang merah
·         2 siung Bawang putih
·         Tempoyak durian,secukupnya
·         3 buah Cabe merah besar
·         Cabe rawit,sesuai selera
·         Gula pasir,secukupnya
·         Minyak goreng secukupnya


CARA MEMBUAT SAMBAL TEMPOYAK PALING ENAK :

1.   Tumis bumbu halus sampai harum.
2.  Tambahkan Tempoyak (seperlunya) tambahkan sedikit gula sebagai pengganti penyedap rasa.
3.  Tumis sebentar(sekitar 2-3 menit). Angkat, sajikan hangat - hangat




Nah penasaran kan sama rasa yang pertama nyobain itu Ngalor Ngidul..??? Cobain dan rasakan kelezatan tempoyak sob... Selamat mencoba. (Nining Purwaningsih)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar